Senin, 18 Maret 2013

Bahaya Formalin



Penggunaan formaldehyde atau lebih akrab di telinga dengan istilah formalin masih ditemukan pada cairan pembersih alat rumah tangga.
Padahal formalin merupakan 10 bahan tambahan yang dilarang penggunaannya. Hal tersebut telah tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 1168/1999.
Formalin yang memiliki unsur aldehida terdapat dalam beberapa produk rumah tangga yang biasa digunakan, seperti cairan pelembut baju, cuci piring, pembersih karpet, perawatan sepatu, serta bahan adhesif.
Formalin yang bersifat menyerang protein dapat sampai di lambung manusia. Penggunaan formalin dosis tinggi dapat pula menyebabkan kanker karena memiliki sifat karsinogen.
Lalu bagaimana dengan batas toleransi paparan formalin pada tubuh?
Menurut International Proggrame on Chemical Safety (IPCS), batas toleransi formalin yang dapat diterima oleh tubuh 0,1 mg perliter (minuman), dan 0,2 mg perliter (makanan). Itu ambang batas tubuh kita terhadap formalin, jika lebih dari itu kepala pening
Bahan pengawet formalin ada dimana-mana, seperti di plastik, kardus, hingga cairan pencuci piring. Bahkan ikan pun mengeluarkan formalin tetapi dalam jumlah sedikit.
Meski demikian sebisa mungkin, konsumen menghindari produk yang berformalin, baik makanan, minuman, atau pembersih alat rumah tangga. Karena dampak yang akan ditimbulkan formalin sebagai berikut:
Dampak formalin bagi tubuh manusia :

1. Kulit: kulit kemerahan, kulit speerti terbakar, alergi kulit.
2. Mata: iritatif, mata merah, berair, kebutaan.
3. Hidung: mimisan.
4. Saluran pernafasan : sesak nafas suara seraj, batuk kronis, sakit tenggorokan.
5. Saluran pencernaan : iritatif lambung, mual muntah, mulas.
6. Hati: kerusakan hati.
7. Paru-paru: radang paru.
8. Saraf: sakit kepala, lemas, susah tidur, sukar konsentrasi.
9. Ginjal: kerusakan ginjal.
10. Organ reproduksi: kerusakan testis, gangguan menstruasi, infertilitas sekunder.

Cara mengatasi jika ternyata bahan pembersih alat rumah tangg yang kita gunakan mengandung formalin adalah, membilas dengan air mengalir dengan dua kali bilas.

Title: Bahaya Formalin; Written by ajif hako; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar